Sabtu, 27 Juli 2013

Sosis Solo V1.0 Isi Daging Sapi

20130721

Teringat saya akan kudapan ketika pulang ke Solo beberapa bulan yang lalu, Sosis solo yang dibeli di Orion. Hmm suami saya suka,begitupun saya. Tempo hari,ketika saya tanya ingin cemilan apa? Beliau menyatakan bahwa ingin sosis solo.

Oke,saya mencoba berburu resep. Saya melihat salah satu list teman di dapurmasak,Mba Leony pernah membuat Sosis Solo. Saya menjadikan resep Sosis Solo Mba Leony sebagai referensi. Ini kali pertama saya mencoba membuat sosis solo. agak deg-degan. lebay ya? hehehe

Hasilnya,kami suka. Hanya saja saya belum rapi ketika mendadar kulit,mengisi dan menggulungnya :(



Resep aslinya, setelah digulung kemudian dicelupkan putih telur,namun saya membagi menjadi 3 bagian, ada yang langsung digoreng tanpa dicelupkan putih telur, sebagian saya kukus saja,sebagian lagi digoreng setelah dikukus.

Saya lebih suka yang digoreng,sementara suami lebih suka yang dikukus saja.
Hmm yang dulu dibeli di orion memang basah, menurut kami resep ini belum mirip dengan Sosis Solo Orion :D

Lain waktu akan mencoba resep lainnya :)


Bahan

Telur Ayam                  1 buah (saya 1 buah telur ayam kampung)
Santan                         150ml (saya menggunakan 50ml santan instant+100ml air matang)
Tepung Terigu              50gram
Garam                          secukupnya (1sdt)
Minyak Goreng             secukupnya
Daging Ayam,Cincang   150gram (daging sapi,cincang 150gram)
Daun Bawang               2batang
Daun Salam                  1 lembar
Gula Pasir                     1 sendok teh
Bawang Putih                2siung
Bawang Merah              3siung  
Putih Telur                    1buah
Bawang Bombay           1siung (tambahan saya)

Cara Membuat:
1. Membuat Kulit 
    Kocok telur,garam,tepung dan santan hingga rata dan licin (tidak bergumpal). Dadar tipis diatas teflon. Lakukan hingga adonan habis

2. Membuat Isi
Tumis bawang bombay,bawang merah dan putih (yang sudah dihaluskan),daun salam,daun bawang iris dan daging cincang. Masak hingga matang. Sisihkan

3. Isi kulit dengan isi yang telah dimasak tadi. Bentuk seperti membentuk metode lumpa dengan ukuran lebih kecil. Celupkan dalam kocokan putih telur,goreng dalam minyak panas hingga golden brown,angkat,sajikan dengan cabai rawit hijau. 

(seperti yang telah saya tuliskan diatas, sebagian saya goreng langsung tanpa dicelupkan pada putih telur,sebagian saya kukus selama 10-15menit, sebagian saya goreng setelah dikukus)

Selamat mencoba 


1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus