Minggu, 19 Mei 2013

Bolu Kukus Pisang Coklat Keju Tanpa Telur Tanpa Mixer Elektrik

20130519

Mengingat masih ada pisang emas yang sudah matang sekali, terpikir oleh saya untuk mencoba membuat kembali bolu kukus tanpa telur dan tanpa mikser elektrik. Sebelumnya saya mencoba dengan mengikuti Resep Bu Diah Raki , ups dengan sedikit modifikasi ding,menyesuaikan bahan yang ada dirumah :p
Hmm yang ini sifatnya masih percobaan,agak deg-degan juga ketika mengukusnya hehe.
Berikut Bahan dan proses pembuatannya ;)


BOLU KUKUS PISANG COKELAT KEJU
Resep dimodifikasi dari Dapur 3D

Bahan:
120gr Pisang Emas
150gr Tepung Terigu protein sedang ( Saya menggunakan segitiga biru)
150ml susu cair
1sdt margarin (saya menggunakan blue band)
1sdm mentega (saya menggunakan anchor unsalted butter)
2sdt baking powder
1sdt soda kue
1sdt bubuk vanili
3sdt air perasan lemon
5sdt coklat bubuk (saya menggunakan van houten)
5gr DCC,parut
40gr Keju Cheddar (saya menggunakan diamond cheddar),parut
50gr gula halus


Proses :
1. Lelehkan margarin dan mentega,biarkan agak dingin
2. Lumatkan pisang emas menggunakan garpu/whisk,lalu tambahkan margarin dan mentega leleh.Kemudian tambahkan perasan lemon dan soda kue. aduk merata.

3. Pada tempat terpisah,larutkan coklat bubuk dan 20ml susu cair
4. Campurkan Tepung terigu,baking soda,gula halus dan bubuk vanili. Masukkan ke dalam campuran pisang dengan diayak,bergantian dengan 130ml susu cair. Aduk hingga merata. Tidak perlu mengaduk berlebihan.
5. Pisahkan adonan menjadi dua. Sebagian campurkan dengan larutan coklat bubuk dan DCC parut hingga rata. Sebagian adonan lainnya dicampurkan dengan keju cheddar.

6. Panaskan kukusan hingga airnya bergejolak. Alasi tutup kukusan dengan serbet tebal agar tetesan air tidak langsung membasahi adonan.
7. Siapkan loyang yang dialasi kertas roti dan dioles margarin juga taburan tepung agar tidak lengket. Masukkan adonan coklat dan keju secara bergantian.

8. Kukus adonan selama 40 menit. Angkat. Biarkan dingin,lalu balik loyang,keluarkan bolu. Siap diiris dan sajikan ;)


PS:
Ada kecelakaan sedikit dengan bolkus saya ini,harusnya dikukus selama 40 menit saja,namun saya tinggal lari keliling komplek,telat 10 menit. hasilnya merekah heboh deh :p
Oya,  bolu ini teksturnya okay tetapi rasanya kurang manis ternyata :(
Mungkin bisa ditambahkan gula halusnya menjadi 80gram atau menambahkan DCC nya ;) Akan dicoba lagi,kapan-kapan :p

Lumayan lah dinikmati bersama segelas teh hangat dipagi hari setelah lari berkeringat :))
Selamat mencoba ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar