Senin, 20 Mei 2013

Nasi Goreng Sederhana Merah Pedas


20130518

Suatu sore,saya berceloteh dengan suami bahwa saya sedang ingin nasi goreng. Suami pun tanpa diduga, menyatakan bahwa dirinya pun sedang ingin nasi goreng. Sekilas saya menjelaskan bahwa nasi goreng yang saya inginkan ini berbeda dengan yang biasa saya buatkan untuknya. Sederhana sekali. Nasi putih. Yang saya inginkan saat itu seperti yang dulu sering Ibu buatkan semasa saya kecil dulu. Jauuh sebelum Ibu berkreasi dengan nasi goreng buatannya,entah itu nasi goreng seafood, nasi goreng sayur dan beberapa varian nasi goreng lainnya. Nasi goreng yang saya maksud adalah nasi goreng dengan bumbu bawang putih,bawang merah dan cabai merah keriting saja. Tanpa tambahan kecap. 

Tanpa diduga, suami langsung menanggapi," mau mau mau". Hmm harusnya sih saya bisa menebak responnya,sebab suamiku penyuka bawang. Untuk nasi goreng,beliau lebih suka jika bawang merahnya sekedar digeprek 1-2 kali saja. Pesannya "jangan sampai hancur". Oke,kali ini saya mencoba memadukan resep Ibu dan kesenangan suami deh ;) Hmm sore itu,ada tambahan rikues ding, "Nasi Gorengnya yang pedas,ya"

Tarra...Penampakannya seperti ini

Sederhana sekali,bukan? Minimalis deh
Ternyata suami saya suka...Alhamdulillah,senangnya ;)
Berikut kutipan resep seingat saya:

Nasi Goreng Sederhana Merah Pedas

5  centong nasi putih,suhu ruang
2  buah cabe rawit merah ( cabe setan,menurut seorang penjual sayur)
5  buah cabe merah keriting (panjang @13-15cm)
7  siung bawang putih
12siung bawang merah
1  sdt garam
1/2 sdt gula pasir 
2sdm minyak goreng

Pelengkap: Telur ceplok

Cara Membuat:
1. Haluskan Garam,Cabe rawit, cabe merah keriting, bawang putih dan 5 siung bawang merah,tambahkan gula pasir. Bawang merah sisanya di geprek kasar saja.













2. Panaskan minyak goreng dalam penggorengan, kemudian tumis bawang merah yang telah di geprek kasar hingga berbah warna menjadi transparan,kemudian tambahkan bumbu halus. Tumis hingga harum.



3. Masukkan nasi putih kedalam penggorengan, aduk hingga merata. Koreksi rasanya.




4. Sajikan hangat bersama telur ceplok

Siap dinikmati,nyam....
Lebih segar jika dimakan dengan irisan timun. Hanya saja,sore itu saya memang sedang ingin versi minimalisnya :p 

----
Keesokan harinya, diluar mendung berat dan ada pertanda kuat hujan akan turun. Spontan saya pun berceloteh,pada suami, "Sepertinya akan hujan,enaknya bikin nasi goreng seperti kemarin lagi atau racun rebus ceria ya?" "Nasi goreng kayak kemarin",sahutnya. Oke...tapi cabe rawit merahnya saya kurangi, cukup 1 saja supaya aman di lambung penikmatnya ;)

Kenyang deh

Secara kesehatan,kurang oke ya komposisinya. Hanya terdiri dari karbohidrat yang banyak dengan sedikit protein. Sesekali boleh lah. Lain waktu,seperti biasanya,Nasi Goreng sayur dengan kombinasi beberapa protein hewani ini :p




Tidak ada komentar:

Posting Komentar