Minggu, 19 Mei 2013

Bolu Kukus Pisang Meses

20130517

Hmm ingin mencoba membuat cemilan. Masih penasaran dengan cake kukus pisang meses yang saya coba sebelumnya. Browsing,lha kok ketemu Resep ini. Menarik sekali bagi saya yang kurang rajin ini, tidak menggunakan telur dan tanpa mixer elaktrik pula. hemat cucian piring kan ya ;)
Kemudian saya mencobanya,dengan sedikit modifikasi menyesuaikan bahan yang tersedia dirumah :p
Benar saja,terasa lebih simple dan lumayan menghemat waktu.



BOLU KUKUS PISANG MESES





Bahan :

1 Pisang Ambon matang. ( ukuran besar : 60 - 80 gr ) ->> saya menggunakan pisang emas 100gr
100 gr tepung terigu
30 gr gula bubuk ( bisa tambah untuk rasa lebih manis )->> ga pake50 ml susu cair ->> saya menggunakan 50ml susu kental manis vanila + 20ml air
1 sdt minyak sayur ->> saya menggunakan 2sdt mentega leleh
1 sdt air ->> saya skip,sudah termasuk dlm susu
1 sdt air jeruk lemon ->> 2sdt 
2 sdt baking powder ->> 1sdt baking powder


1/2sdt soda kue1/2 sdt vanilli 

1 sdm chocolate chips ->> saya menggunakan meses coklat,lupa takarannya,asal tabur saja :p

1/2sdt soda kue

Caranya :
1. Panaskan kukusan.
2. Campur rata terigu, baking powder dan vanili.
3. Haluskan pisang dengan garpu dan tambahkan perasan air jeruk dan soda kue. aduk, Lalu masukkan campuran tepung, mentega leleh, dan susu, aduk menggunakan garpu / sendok/spatula sampai adonan tercampur rata. Kemudian masukkan chocolate chips meses coklat, aduk sebentar.
4. Tuang adonan kedalam mangkuk porslen / wadah  cetakan bolu kukus dan sebagian cetakan pie kecil yang dioles mentega leleh , lalu kukus selama kurang lebih 30 20 menit atau hingga bolu matang. Angkat.
5. Diamkan dingin atau hangat sebelum di pindahkan / dikeluarkan dari mangkuk dengan cara mangkuk dibalik. Sajikan



Untuk 6 buah



Note :

1. Penutup kukusan dibalut dengan kain / lap bersih, supaya uap air tidak menetes pada bolu.
2. Jangan membuka kukusan sebelum 30 menit.
3. Saat didinginkan, saya rendam mangkuk di dalam air dingin beberapa menit. angkat. lalu balikin pelan2.
4. Buah pisang bisa di ganti Apel atau Mangga atau mungkin buah lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar