Rabu, 29 Mei 2013

Kue Lapis Tepung Sagu Kenyal

20130528

Saya mendadak ketagihan kue lapis ckckck. Penasaran juga,bagaimana jika tepung sagu lebih dominan ya? Hmm saya pun memberanikan diri untuk mencoba, mumpung masih ada persediaan santan instant :p

Kali ini,saya mencoba memadukan Tepung sagu, tepung beras dan tepung ketan juga santan yang lebih encer. Harus siap jika hasilnya kurang memuaskan,namanya juga trial and error ya :))

Hasilnya?

Penampakannya sedikit lebih rapi dibanding versi pertama, namun warnanya masih saja pucat ya. Padahal sudah saya tambah deh pastanya. Ups,saya baru ingat, memang tetesnya ditambah tapi kan volume cairannya juga bertambah di versi ini. Doh. Rasanya bagaimana? Terlalu kenyal,kurang padat hohohoho. Manisnya? Oke. Tetap saja bolak balik ga mau berhenti. Bahaya.

Berikut catatan versi ini,

KUE LAPIS TEPUNG SAGU

Bahan

500ml Santan ( 180ml santan instant Bumimas + 320ml air)
100gr Tepung Sagu (Alini)
  60gr Tepung Beras ( RoseBrand)
  20gr Tepung Ketan
110gr Gula Pasir
4 lbr   Daun Pandan
1/2sdt garam
3tetes pasta pandan (koepoe)
3tetes pasta strawberry

Proses

1. Didihkan santan bersama daun pandan,gula pasir dan garam. Upayakan agar santan tidak pecah. Biarkan hangat
2. Campurkan Tepung Sagu, Tepung Beras, Tepung Ketan kemudian aduk rata.
3. Panaskan dandang/panci pengukus biarkan airnya mendidih.
4. Tuang sedikit demi sedikit santan hangat kedalam campuran tepung sembari diaduk dengan spatula/whisk hingga adonan licin.
5. Bagi adonan menjadi tiga bagian untuk kemudian adonan pertama diberikan pasta pandan, adonan kedua diberikan pasta strawberry kemudian adonan ketiga dibiarkan putih.
6. Tuang dua sendok sayur kecil (kurang lebih 50ml) adonan hijau kedalam loyang yang sudah dioleskan dengan sedikit minyak seluruh bagian dalamnya. Masukkan loyang kedalam dandang yang telah mendidih,kukus selama 5 menit. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Tutup dandang dilapis serbet.
7. Kukus lagi adonan terakhir selama 20-30menit. Angkat. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong. Sajikan

^,^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar