Senin, 20 Mei 2013

Kepiting Saus Padang

Saya sedang kangen dengan Kepiting juga teman-teman seperjuangan ketika dulu tinggal di Yogyakarta. Berhubung kami penyuka kepiting,sementara beli yang enak mahal,maka sebagai anak kos kami pun mencoba membuat sendiri saja hehe

Hmm terakhir kali saya makan kepiting sepertinya beberapa bulan yang lalu,sekitar November. Diajak suami mencicipi Menu kepiting di Alam Wisata Cimahi. Well, ternyata...tidak sesuai harapan. Ingiiin sekali rasanya bikin seperti dulu bersama teman-teman saya. Namun disini harus makan sendiri? agak males,mengingat suami bukan termasuk kepiting mania :D Belum ketemu kesempatan pula untuk berwisata kuliner kepinting di Bandung dan sekitarnya. 

Sebagai bentuk pelepas rindu kepiting, saya salin ulang saja resep Kepiting Saus Padang ini,yang dulu cukup sering kami buat ketika rindu kepiting melanda. Barangkali bisa jadi rujukan juga ketika suatu saat kelak saya ingin membuatnya lagi ;)
Maaf tidak ada gambarnya,file lama entah dimana sekarang :(

KEPITING SAUS PADANG



Bahan:


1,3 Kg Kepiting Betina bertelur 

(belah menjadi dua bagian, kemudian cuci bersih cangkangnya)

Bumbu
7 siung bawan merah
7 siung bawang putih
7 buah cabe merah keriting
1 buah bawang Bombay, Diameter + 3cm. iris halus melintang
2 buah tomat segar
2 lembar daun jeruk,robek dari tengah
2 buah jeruk nipis
1,5 cm jahe,belah dua. Satu bagian di memarkan.
2 sendok minyak sayur
Kecap manis secukupnya
Garam secukupnya

Cara:
a. Belah dua kepiting, kemudian dibuang kotorannya dan dicuci bersih cangkangnya. Setelah bersik, disiran dengan perasan 1,5 buah jeruk nipis.

b. Haluskan bwm,bwp,cabe merah keriting, tomat segar dan 1 bagian jahe dengan blender.(dengan tambahan sedikit air)

c. Tumis bawang bombay dalam kuali berukuran sedang hingga harum kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak sayur. Tambahkan garam, perasan sisa jeruk nipis,kecap, daun jeruk dan jahe yang telah dimemarkan. Tambahkan air jika ingin berkuah banyak. Aduk seperlunya, hingga matang. 

d. Saus bisa dicicipi,sekiranya sudah oke dilidah bolehlah kepiting dimasukkan ke dalam kuali selama 10-15 menit atau hingga menyusut airnya (sesuai selera). Aduk hingga merata.

e. Tuang kepiting kedalam wadah. Kepiting saus padang pun siap dihidangkan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar