Rabu, 29 Mei 2013

Kue Lapis Tepung Beras

20130524

Seperti biasa,terpikir untuk membuat cemilan yang mudah. Teringat pula pasta pandan dan strawberry yang dibelikan Suami tempo hari. Ckck beginilah nasib manusia yang suka ngemil. Sempat bertanya pada Suami, lebih suka kornat ataukah kue lapis? Katanya lapis. Okay,mari kita mencari informasi seputar Kue Lapis, disesuaikan dengan persediaan bahan dirumah :)

Saya merasa sreg dengan resep Bu Intan disini, meskipun terasa lebih padat. Mungkin lain waktu akan mencoba takaran yang lain. Ups saya hanya membuat 0.4 resep saja,menyesuaikan volume loyang yang ada ;)

Kali pertama ini saya rada grogi mencobanya, dan belum percaya diri dengan takaran per lapisnya,jadi deh bentuknya jeleeek bener. Dugaan saya, olesan minyak pada dasar loyang yang terlalu banyak juga air tetesan  dari tutup dandang pada beberapa lapis pertama. Ga indah bentuknya hehehe


Berikut sekilas percobaan saya, dengan merujuk pada Resep Kue Lapis Tepung Beras Bu Intan, menyesuaikan loyang yang 18cm x 8cm x 5cm

Bahan:
380ml Santan ( 180ml santan instant Bumimas + 200ml air)
100gr Tepung Beras (RoseBrand)
  50gr Tepung Sagu (Alini)
  90gr Gula Halus (menghabiskan stok saja)
    3lbr Daun Pandan
    2 tetes pasta pandan
    2 tetes pasta strawberry
    1/2sdt garam

Proses:
1. Didihkan santan bersama daun pandan yang telah di robek. Upayakan agar santan tidak pecah. Biarkan hangat
2. Campurkan Tepung Beras, Tepung sagu, gula halus dan garam kemudian aduk rata.
3. Panaskan dandang/panci pengukus biarkan airnya mendidih.
4. Tuang sedikit demi sedikit santan hangat kedalam campuran tepung sembari diaduk dengan spatula/whisk hingga adonan licin.
5. Bagi adonan menjadi tiga bagian untuk kemudian adonan pertama diberikan pasta pandan, adonan kedua diberikan pasta strawberry kemudian adonan ketiga dibiarkan putih.
6. Tuang dua sendok sayur kecil (kurang lebih 50ml) adonan hijau kedalam loyang yang sudah dioleskan dengan sedikit minyak seluruh bagian dalamnya. Masukkan loyang kedalam dandang yang telah mendidih,kukus selama 5 menit. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Tutup dandang dilapis serbet.
7. Kukus lagi adonan terakhir selama 20-30menit. Angkat. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong. Sajikan

Selamat Mencoba

Ternyata cukup sederhana,hanya saja lama proses menunggunya ;)
Lain waktu saya ingin mencoba dengan komposisi yang berbeda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar